Tugas Kelompok - Makalah tentang Harddisk

MAKALAH
HARDWARE - HARDDISK

Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi



Disusun oleh :
Kelompok 4
v Bambang Liman (A2.1500022)
v Intan Desty Desiyani (A2.1500052)
v Mohammad Thaariq (A2.1500061)
v Puspa Sella Sari (A2.1500071)
v Widya Bagja Anugrah (A2.1500107)

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA (TI-IA)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER SUMEDANG
2015



KATA PENGANTAR
Puji dan syukur Penulis panjatkan kepada Allah SWT berkat  rahmat, karunia serta  hidayah-Nya, Penulis dapat menyelesaikan tugas makalah Pengantar Teknologi Informasi  tentang salah satu perangkat keras komputer yaitu Hard Disk.
Sebelum melanjutkan penyusunan makalah ini, Penulis mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada :
1.      Bapak Deris Santika, S.Kom. selaku dosen mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi di STMIK Sumedang
2.      Anggota kelompok 4 PTI
3.      Rekan-rekan kelas TI-IA
4.      Serta tak lupa juga kepada rekan-rekan semua khususnya pembaca.
Penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak terkait dalam penyelesaian makalah ini. Semoga semua pihak yang telah memberikan kebaikan kepada kami mendapatkan balasan kebaikan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Aamiin.
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini, untuk itu Penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan makalah selanjutnya.
 Akhir kata, besar harapan Penulis semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua orang khususnya bagi setiap pembacanya.

Sumedang, 27 November 2015


Penulis


DAFTAR ISI

Kata Pengantar .....................................................................................................  
Daftar Isi ..............................................................................................................  
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang ....................................................................................................
1.2  Rumusan Masalah ..........................................................................................
1.3  Maksud dan Tujuan ........................................................................................
1.4  Sistematika Pembahasan ................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Harddisk .......................................................................................
2.2 Fungsi Harddisk .............................................................................................
2.3 Cara Kerja Harddisk ......................................................................................
2.4 Tipe-Tipe Harddisk ........................................................................................
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan .....................................................................................................
3.2 Saran ...............................................................................................................






BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Sebuah komputer akan berjalan dengan lancar apabila semua komponennya berjalan dengan baik, adapun komponen-kompenen komputer adalah Hardware (Perangkat Keras), Software (perangkat lunak), dan Brainware (pengguna komputer). Hardware (perangkat keras), yang merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari: Input/Output Device (I/O Device) terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer. Storage Device (perangkat penyimpanan) merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD/DVD, flash disk. Monitor/Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU). Cassing Unit adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu mother board, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU). Cesing Unit ini disebut juga dengan System Unit. Central Processing Unit (CPU) adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya. Semakin canggih komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal. Salah satu perangkat keras yang sangat berperan penting dalam komputer adalah alat penyimpanan. Kemampuan kompurter menyimpan memori, dapat dipercaya, dan menghemat biaya. Di dalam komputer terdapat elemen penyimpanan atau memori yang disebut dengan harddisk. Harddisk merupakan salah satu piranti yang tidak dapat terpisahkan dalam sistem komputer saat ini. Mulai dari komputer personal hingga mesin sekelas mainframe dan superkomputer menggunakan piranti harddisk sebagai media penyimpanan data. Harddisk pertama kali ditemukan pada tahun ± 1950. Harddisk pada awal perkembangannya didominasi oleh perusahaan raksasa yang menjadi standard komputer yaitu IBM. Dan dari masa ke masa berkembang dengan pesat.

1.2  Rumusan Masalah 
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat ditarik rumusan masalahnya adalah :
a.       Apa definisi Harddisk?
b.      Apa fungsi dari Harddisk?
c.       Bagaimana cara kerja Harddisk?
d.      Apa saja tipe-tipe Harddisk?

1.3  Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan dari makalah ini yaitu untuk mengetahui pengertian, fungsi, cara kerja, dan tipe-tipe dari harddisk. Serta untuk  menambah wawasan tentang peranti komputer khususnya media penyimpanan dalam komputer.

1.4  Sistematika Pembahasan
Untuk sistematika pembahasan, kami deskripsikan berdasarkan bagian – bagian sebagai berikut :
BAB I Pendahuluan
Meliputi latar belakang, rumusan masalah, maksud dan tujuan serta sistematika pembahasan.
BAB II Pembahasan
Meliputi definisi, fugsi, cara kerja, serta tipe-tipe harddisk. 
BAB III Penutup
Meliputi kesimpulan dan saran.





BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Harddisk
            Harddisk adalah suatu device (komponen) pada komputer yang merupakan piranti penyimpanan sekunder, dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan logam yang disebut platter yang berputar secara terintegrasi. Adapun bagian-bagian dari Harddisk yaitu:
a.    Platte.
Komponen utama pada Harddisk yang dipakai sebagai tempat penyimpanan data. platter akan dilengkapi dengan track dan juga sector, ini menyebabkan mengapa Harddisk kapsitasnya tidak sesuai dengan yang apa tertera pada spesifikasinya (pasti akan lebih sedikit), sebab track dan sector akan menyimpan ID pengenal untuk format Harddisk.
b.   Spindle.
Komponen harddisk berupa poros yang dipakai untuk menempatkan Platter serta memutar platter (spindle motor. kualitas dari suatu harddisk di tentukan dari Spindle ini, semakin besar kecepatan berputar yang dimiliki oleh spindle berarti kecepatan akses pada harddisk akan semakin cepat pula).
c.    Head.
Yaitu komponen Harddisk yang mempunyai fungsi sebagai piranti pembaca dan juga penulis pada Harddisk, yang dimana setiap platter akan dilengkapi dengan dua buah head harddisk yang berada di atas dan juga dibawahnya. Cepat/tidaknya proses pembacaan serta penulisan oleh head akan sangat tergantung pada kondisi sector pada platter.

d.   Logic Board.
Papan utama pada Harddisk yang dilengkapi piranti penyimpan BIOS Harddisk, sehingga akan siap untuk dikenali ketika pada saat di hubungkan dengan Motherboard.
e.    Actual Axis.
Sebuah gagang/media yang menyangga Head supaya dapat berada diatas atau dibawah platter.
f.     Ribbon Cable.
Sebuah kabel yang menghubungkan antara Head dan juga Logic Board, sebagai media penghantar informasi dari head ke logic board ataupun sebaliknya.
g.    Setting Jumper.
Yaitu media pada harddisk yang dipakai untuk menentukan kedudukan Harddisk pada BIOS motherboard komputer.
h.   Ribbon Cable.
Sebagai penghubung antara Head dengan Logic Board, yang dimana setiap dokumen/data yang di baca oleh Head akan di kirimkan ke Logic Board untuk selanjutnya di kirim ke Motherboard supaya Processor dapat memproses data tersebut sesuai dengan masukan atau  input yang di terima. Sekarang ini hardisk pada umumnya sudah menggunakan sistem SATA sehingga tidak memerlukan lagi kabel Pita (kabel IDE) Jika pada komputer kita dipasang 2 (dua) buah hardisk, maka dengan mensetting Jumper kita dapat menentukan mana harddisk Primer dan mana yang sekunder yang biasanya disebut dengan Master dan Slave. Master yaitu hardisk utama tempat sistem di install, sedangkan Slave ialah harddisk ke dua biasanya dibutuhkan untuk tempat penyimpanan dokumen atau data. Jika Jumper settingnya tidak di set, maka hardisk tersebut tidak dapat bekerja.


i.      Power Conector.
Berfungsi sebagai sumber arus yang langsung dari power supply. Power supply yang terdpat pada harddisk ada 2 (dua) bagian: Yang pertama tegangan 12 Volt, memiliki fungsi untuk menggerakkan mekanik seperti piringan dan juga Head. Lalu yang kedua tegangan 5 Volt, mempunyai fungsi untuk mesupply daya pada Logic Board supaya dapat bekerja mengirim maupun menerima data.
2.2 Fungsi Harddisk
            Fungsi dari Harddisk utamanya sebagai media penyimpanan pada komputer atau storage data secara permanen. Harddisk menyimpan berbagai macam informasi, salah satunya informasi mengenai perangkat keras (hardware) yang ada di dalam PC (personal computer) tersebut, lalu Sistem Operasi Komputer itu sendiri. Harddisk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja dari suatu PC. Semakin cepat harddisk bekerja, semakin cepat juga transfer yang akan dihasilkan.
 2.3 Cara Kerja Harddisk
Adapun cara kerja harddisk adalah sebagai berikut:
a.       Ketika saat berhenti head berada diatas piringan harddisk.
b.      Ketika saat diaktifkan piringan harddisk berputar di spindel. Perputaran yang standar yaitu 5200rpm- 10000rpm, sedangkan yang khusus ialah 7200-1500rpm.
c.       Pada saat berputar sangat cepat head mengembang pada piringan harddisk sedangkan head bergerak ke kiri dan ke kanan.
d.      Pada saat mengembang itu baru head akan melakukan pembacaan dan juga menulis.
e.       Motor spindel arah putarannya berlawanan dengan arah jarum jam.
f.       Sebab perputaran sangat cepat sekali akan mengakibatkan gaya permukaan sehingga head mengambang pada bagian pletter.
g.      Lalu pada saat komputer/harddisk dimatikan membuat head mendarat atau berhenti pada tempat tertentu, yang disebut landing zone.
2.4 Tipe-tipe Harddisk
Jenis harddisk ini semakin hari semakin bermacam macam , baik berdasarkan jenis antarmuka, kecepatan transfer datam serta penyimpanan data. Harddisk inipun mempunyai 4 jenis berdasarkan tipenya, antara lain :
a.    ATA (IDE,EIDE) atau juga dalam artian Integrated device electronics.
            Harddisk ini menggunakan Port IDE dan harddisk ini mempunyai kecepatan mentransmit data sebesar 133 MB per detik.
b.    Serial ATA (SATA) atau juga dalam artian Serial Advanced Technology Attachment.
            Harddisk ini menggunakan Port SATA dan harddisk ini mempunyai kecepatan mentransmit data sebesar 150 MB per detik.
c.     SCSI atau juga dalam artian Small Computer System Interface.
Harddisk jenis ini menambahkan kartu controller data SCSI uang berguna untuk mengontrol pengolahan data.
d.   Harddisk dengan tipe USB atau dalam artian External Harddisk.









BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
            Dari materi di atas, maka dapat ditarik kesimpulannya yaitu harddisk merupakan komponen paling utama dalam komputer yang berfungsi untuk media penyimpanan pada komputer atau storage data secara permanen dan menyimpan berbagai macam informasi (data). Semakin cepat harddisk bekerja, semakin cepat juga transfer yang akan dihasilkan.
3.2 Saran
            Dengan demikian, maka Penulis menyarankan agar pembaca lebih mendalami wawasan tentang komputer secara keseluruhan agar dapat mengembangkan dan menggunakannya dengan baik dan benar.




DAFTAR PUSTAKA
Suhartini Setia Ningsih.2012.Pengertian Fungsi dan Cara Kinerja dari Harddiskhttps://tinifeehily.wordpress.com/2012/09/26/pengertian-fungsi-dan-cara-kinerja-dari-harddisk.html
Dimas Nandi Suwandaya.2013.Macam Macam Jenis Harddisk dan Penjelasannyahttp://dimasnandisuwandaya.blogspot.com/2013/05/macam-macam-jenis-harddisk-dan.html

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

2 komentar