Tugas Kelompok - Makalah Alat Teknologi Masa Depan - 3D SIMO



TEKNOLOGI MASA DEPAN
3D SIMO
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas  Pengantar Teknologi Informasi 

Disusun oleh :
Kelompok 4
Bambang Liman
Intan Desty Desiyani
Mohammad Thaariq
Puspa Sella Sari
Widya Bagja Anugrah

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA (TI-IA)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
2015

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur Penulis panjatkan kepada Allah SWT berkat  rahmat, karunia serta  hidayah-Nya, Penulis dapat menyelesaikan tugas makalah Pengantar Teknologi Informasi  tentang Alat Teknologi Masa Depan ‘3D SIMO’.
Sebelum melanjutkan penyusunan makalah ini, Penulis mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada :
1.      Bapak Deris Santika, S.Kom. selaku dosen mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi di STMIK Sumedang.
2.      Rekan-rekan kelompok 4 TI-IA
3.      Semua rekan-rekan kelas TI-IA
4.      Serta tak lupa juga kepada pembaca.
Penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak terkait dalam penyelesaian makalah ini. Semoga semua pihak yang telah memberikan kebaikan kepada kami mendapatkan balasan kebaikan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Aamiin.
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini, untuk itu Penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan makalah selanjutnya.
 Akhir kata, besar harapan Penulis semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua orang khususnya bagi setiap pembacanya.
Sumedang, 31 Oktober  2015  

Penulis                        



DAFTAR ISI
Kata Pengantar ..................................................................................................... 
Daftar Isi .............................................................................................................. 
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang ...............................................................................................
1.2  Rumusan Masalah .......................................................................................... 
1.3  Maksud dan Tujuan ........................................................................................ 
1.4  Sistematika Pembahasan ................................................................................ 
BAB II PEMBAHASAN
2.1  Pengertian 3D SIMO ..................................................................................... 
2.2  Bentuk 3D SIMO ........................................................................................... 
2.3  Kegunaan 3D SIMO ...................................................................................... 
2.4  Bahan-bahan yang dapat digunakan .............................................................. 
2.5  Kelengkapan dan Cara Kerja 3D SIMO......................................................... 
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan ..................................................................................................... 
3.2 Saran ............................................................................................................... 
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN – LAMPIRAN





BAB I
PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang
Mengembangkan sebuah pemikiran menjadi sebuah teknologi dimasa depan. Meskipun tidak semudah yang kita bayangkan namun tetap dapat kita wujudkan dengan adanya rasa kemauan,dan keahlian yang kita miliki.

1.2     Rumusan Masalah
1.     Apakah yang dimaksud 3D SIMO?
2.     Bagaimana cara kerja 3D SIMO menjadi teknlogi di masa depan?

1.3     Tujuan dan Tujuan
Maksud dan tujuan dari makalah ini yaitu :
1.          Untuk mengetahui apa itu 3D SIMO?
2.          Untuk mengetahui berbagai macam kegunaan dan cara kerja 3D SIMO dalam kehidupan sehari-hari.
3.          Untuk mengetahui perkembangan tekologi yang akan ada di masa depan.

1.4     Sistematika Pembahasan
Untuk sistematika pembahasan, kami deskripsikan berdasarkan bagian – bagian sebagai berikut :
BAB I Pendahuluan
Meliputi latar belakang, rumusan masalah, maksud dan tujuan serta sistematika pembahasan.
BAB II Pembahasan
Meliputi Pengertian 3D SIMOBentuk dan Fungsi 3D SIMOKegunaan 3D SIMOBahan-bahan yang dapat digunakan, serta Kelengkapan dan Cara Kerja 3D SIMO.
BAB III Penutup
Meliputi kesimpulan dan saran.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian 3D SIMO
               3D SIMO adalah generasi baru dari pena 3D yang mampu beradaptasi secara fleksibel untuk pasar berkembang pesat dengan berbagai bahan untuk pencetakan 3D sehingga memberi ruang untuk kreativitas. David Paskevic adalah ilmuwan dan seorang seniman yang luar biasa. Dia juga orang di belakang 3D SIMO Mini, pencetakan pena 3D kecil yang dapat mencairkan plastik untuk membuat patung cantik dan gambar 3D, membakar desain ke dalam kayu, memotong busa bersih, dan bahkan solder logam. Ini alat pencipta utama, dan itu cocok di telapak tangan Anda seperti pensil tukang kayu berbentuk aneh itu.
The 3D SIMO Mini adalah generasi kedua pena pencetakan 3D Paskevic ini, dan itu jauh lebih kecil daripada model pertama, 3D SIMO, yang memiliki penggemar kecil dibangun ke dalamnya dan hanya bisa bekerja dengan plastik. Selain menjadi kurang dari setengah ukuran aslinya, yang 3D SIMO Mini memiliki tips berubah dan jauh lebih fleksibel. Salah satu tip membakar kayu, dan lain-lain solder logam, plastik meleleh, atau geser melalui busa.

2.2   Bentuk 3D SIMO
               Bentuk dari 3D SIMO yaitu kecil, smarter, bekerja dengan plastik, logam, kayu, kulit dan busa bahan.  Pertama 3D SIMO memakai layar kecil dan serangkaian tombol di samping untuk menyesuaikan suhu. Dalam kepentingan sliming perangkat, perusahaan mengambil kipas dan layar. Sekarang, hanya ada beberapa tombol pada perangkat untuk membuat aliran material. Berkat dukungan Bluetooth pada Mini, aplikasi mobile memberi Pengguna kontrol atas suhu dan kecepatan sehingga Pengguna dapat bekerja dengan bahan yang berbeda untuk membuat jenis tertentu.



2.3  Kegunaan 3D SIMO
               3D SIMO digunakan untuk  Menggambar 3D, membakar, menyolder, memotong, mengembangkan imajinasi, mengimplementasikan ide-ide, memperbaiki perangkat plastik, ikatan dan penyelesaian kit model dari printer 3D, dan untuk memperbaiki cetakan yang rusak, serta untuk fungsi yang lainnya. 

2.4 Bahan-bahan yang dapat digunakan
Bahan-bahan yang dapat digunakan dalam 3D SIMO yaitu seperti ABS (bahan yang digunakan untuk kit konvensional), PLA (bahan ramah lingkungan terutama yang terbuat dari pati jagung), PVA, yang larut dalam air, dan nilon. Materi yang digunakan dalam bentuk serat dengan lebar 1,75 mm dan dapat memilih suhu yang sesuai dan kecepatan materi.

2.5  Kelengkapan dan Cara Kerja  3D SIMO
3D simo dilengkapi oleh 3D SIMO pena biasa, unit power supply, dan lainnya sebagainya. 3D SIMO dapat digunakan oleh semua kalangan, karena bahan-bahan seperti ABS, PLA, PVA, Nylon dan lain-lain yang tidak berbahaya atau beracun jadi aman bagi anak-anak.
            3D SIMO dirancang berdasarkan pada prinsip teknologi FDM sehingga ekstrusi tali plastik sampai akhir panas. Pengguna dapat memilih suhu yang berbeda untuk setiap jenis bahan atau penggunaan. Suhu yang tepat dan kecepatan untuk setiap bahan dan proyek adalah kunci, sebagai 3D SIMO dapat panas hingga 490 derajat untuk logam solder. Ada fitur video instruksional dan template untuk mencetak, sehingga Pengguna memiliki pedoman untuk bagaimana menggunakan pena. Pembaruan perangkat lunak juga akan datang secara teratur untuk meningkatkan pengalaman aplikasi.
            3D SIMO Mini ini didukung oleh baterai clip-on dengan baterai 2,000mAh. Pena ini didukung melalui Micro USB, sehingga Pengguna dapat hubungkan ke setiap unit baterai atau stopkontak.


BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa 3D SIMO memiliki kegunaan dan kelebihan yang cukup membantu manusia dikehidupan sehari-hari, serta dapat mengimpementasikan imajinasi dan ide-ide penguna untuk lebih berkreatif, juga untuk dapat menambah instensitas kegunaan teknologi.
3.2  Saran
Setelah mengetahui tentang salah satu teknologi yang akan ada dimasa depan, kami menyarankan untuk lebih memanfaatkan pemikiran, imajinasi, dan  keahlian serta memiliki keinginan agar dapat menciptakan kemajauan teknologi yang lebih baik di masa depan.






DAFTAR PUSTAKA


Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit