Arikel Pribadi - Kelebihan dan Kekurangan Windows 10


                   Sistem Operasi merupakan salah satu software yang menjadi alat teknologi yang paling penting. Bicara tentang Operasi Sistem, salah satu Perusahaan  IT terbesar di dunia yaitu Microsoft, sangat terkenal dengan sistem operasinya yaitu Windows. Windows adalah salah satu produk unggulan dari Microsoft. Pada tahun 2015 Microsoft meluncurkan Operasi System terbarunya yaitu Windows 10. Windows 10 merupakan pengembangan dari Windows 8.1. Dalam Windows 10 ini banyak fitur-fitur terbaru yang sangat menarik, diantaranya yaitu

Kelebihan dan Kekurangan dari Windows 10 ini yaitu:

Kelebihan 

  • Pada Start Menu.
Start Menu di Windows 10 berbeda dengan Windows 8 dan Windows 7. Start Menunya  yaitu gabungan dari keduanya, sehingga selera pengguna Windows 7 dan Windows 8 akan sama-sama terakomodasi.  Start Menu baru ini tergolong menarik karena Microsoft tidak menghilangkan Live Tiles. Pengguna masih dapat mengubah ukurannya sesuai selera. Jadi, user bisa mengotak-atiknya sesuai keinginan.  Microsoft juga menambahkan universal search di Star Menu, yang dapat menampilkan hasil pencarian dari web. 

  • Snap Encchancement. Yaitu Kemampuan Untuk menampilkan beberapa aplikasi dalam satu layar.
Terdapat Task View, di mana seluruh windows yang terbuka akan tampil dalam salam satu layar, sehingga lebih mudah dikendalikan pengguna. Hal semacam ini sudah lama kita lihat dalam sistem operasi Mac OS.
Windows 10 memiliki kemampuan multitugas yang lebih baik dari Windows 8, Anda dapat membuka empat aplikasi sekaligus dalam satu layar secara berdampingan.

  • Penambahan teknologi Virtual Desktop.
Kemampuan untuk membuat beberapa desktop untuk tujuan ataupun tema yang berbeda, serta memberikan kemudahan untuk berpindah desktop denagn lebih mudah dan cepat.

  • Satu OS untuk semua perangkat. 
Perubahan besar ini dilakukan untuk menjaring pengguna lebih banyak dan memudahkan. Dengan windows 10, Anda bisa menginstallnya pada berbagai perangkat seperti komputer, tablet, dan smartphone.



Kekurangan

  • Windows 10 belum final
Peluncuran windows 10 sebenarnya masih belum full version
  • Windows 10 tidak newbie friendly
Fitur pratinjau pada start menu sebenarnya ditujukan untuk pengguna ahli atau yang sudah familiar dengan windows 8. Kemungkinan masih terdapat bug bisa terjadi karena bukan produk final.
  • Fitur dan performa belum optimal
Performa windows 10 masih belum optimal, seharusnya masih bisa diperbaiki. Dari segi tampilan, wins 10 juga masih sama seperti tampilan wins 8. Bahkan cortana, asisten virtual milik Microsoft pun masih belum tertanam pada wins 10.
  • Kemungkinan besar masih banyak perubahan
Dalam windows 10 masih banyak fitur-fitur yang masih dalam perbaikan.  Tampilan windows 10 tidak sama dengan Windows Technical Preview yang sekarang digunakan.


 Referensi : 



Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit